Semester I – 2025, Pengguna Commuter Line Meningkat 6,13 Persen Capai 166,4 Juta

Penumpang KRL KAI Commuter
E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – Selama semester I -2025, KAI Commuter mencatatkan volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 166.432.692 orang.

Torehan ini meningkat 6,13 persen dibandingkan periode Semester I 2024 yang mencapai 156.816.151 orang. Ini juga lebih tinggi 22,56 persen dibanding Semester I tahun 2023 yang berada di angka 135.793.399 orang.

Peningkatan ini mencerminkan semakin pentingnya transportasi ini hingga menjadi pilihan utama masyarakat di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Menurutnya, hal ini selaras dengan semakin tingginya kepedulian masyarakat dalam mengurangi maslahan urban.

“Saat ini Commuter Line merupakan transportasi pilihan utama masyarakat untuk mobilitasnya karena terjangkau, aman, nyaman, serta efektif dalam mengurangi kepadatan di jalan raya dan juga mampu mengurangi tingkat polusi yang ada saat ini,” kata Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto di Jakarta, Senin (14/7/25).

Peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru mulai Februari 2025. Pada Gapeka 2025 ini, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.063 perjalanan Commuter Line Jabodetabek per hari, atau lebih banyak 15 perjalanan dibanding Gapeka 2023 sebelumnya, yaitu sebanyak 1.048 perjalanan.

Di wilayah Jabodetabek sendiri pada Juni 2025 kemarin, Stasiun Bogor merupakan stasiun pemberangkatan dengan volume terbanyak, yaitu sebanyak 1.530.425 orang, disusul Stasiun Tanah Abang sebanyak 1.278.052 orang, dan Stasiun Sudirman sebanyak 1.015.771 orang. Sedangkan untuk stasiun tujuan dengan pengguna terbanyak adalah Stasiun Bogor dengan 1.519.737 orang, Stasiun Tanah Abang (1.193.887 orang), dan Stasiun Sudirman (1.032.704 orang).

Sepanjang semester 1 tahun 2025 ini, KAI Commuter juga mencatat rata-rata volume transit di Stasiun Manggarai sebanyak 160 -162 ribu orang per hari, di Stasiun Tanah Abang tercatat sebanyak 130 ribu orang dan di Stasiun Duri rata-rata tercatat sebanyak 70 ribu orang per hari.

Sementara itu pada layanan Commuter Line Merak, selama Semester pertama ini mencatat volume pengguna sebanyak 2.206.671 orang atau lebih tinggi 4,77 persen jika dibanding periode yang sama di tahun 2024 kemarin yaitu sebanyak 2.106.275 orang.

Sedangkan pada layanan Commuter Line Basoetta, pada Semester 1 tahun 2025 ini tercatat volume pengguna sebanyak 2.164.050 orang, atau lebih kecil 3 persen dari periode tahun lalu yaitu sejumlah 1.098.596 orang.

Selain peningkatan volume pengguna, pada semester pertama 2025 juga tercatat capaian lainnya, yaitu kinerja On Time Performance (OTP) yang tetap konsisten. Selama Semester I 2025, ketepatan waktu keberangkatan Commuter line Jabodetabek mencapai 98,6% dan ketepatan kedatangan mencapai 98%.

Sedangkan untuk Commuter Line Merak ketepatan pemberangkatan dan kedatangan di angka 100%. Untuk ketepatan pemberangkatan Commuter Line Basoetta juga mencapai angka 100% dan ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line Basoetta mencapai nilai 99,9%.

“Ketepatan waktu bukan hanya soal angka, tetapi tentang menjaga performa dan kualitas layanan transportasi publik. Ini yang terus kami jaga dan tingkatkan, agar KAI Commuter selalu menjadi pilihan utama transportasi publik, tapi juga mitra mobilitas yang selalu bisa diandalkan,” tambah Asdo.

Tentunya seluruh pencapaian ini salah satunya ditopang oleh kinerja optimalisasi keandalan Sarana. Pada Semester I ini, KAI Commuter telah mendatangkan sebanyak sembilan rangkaian KRL baru untuk pergantian operasional sarana, dan saat ini total sebanyak lima rangkaian telah beroperasi di lintas Bogor dan Cikarang.

Sedangkan yang terbaru, KAI Commuter bersama Balai Teknik Perkeretaapian DJKA mengoperasikan bangunan baru Stasiun Tanah Abang, di mana terdapat perubahan pola layanan pengguna dan operasi perjalanan Commuter Line.

KAI Commuter juga terus mengupayakan berbagai langkah untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan Commuter Line. Layanan ini juga telah terintegrasi dengan transportasi lainnya, seperti KA Jarak Jauh, LRT, MRT, serta moda transportasi darat lainnya.

KAI Commuter mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah menjadikan Commuter Line sebagai bagian dari gaya hidup mereka dalam menggunakan transportasi.

“Sesuai dengan visi perusahaan, yaitu menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban melalui pengelolaan transportasi perkotaan terbaik di Indonesia, KAI Commuter terus meningkatkan layanan kepada seluruh penggunanya,” tutup Asdo.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.