BERITACSR

Strategi Penilaian Maksimal PROPER EMAS, Sucofindo Gelar Rangkaian Talkshow CARBON

Bumntrack.co.id. Jakarta – PT Sucofindo kembali menggelar sesi talkshow Cerita Bersama Sucofindo (CARBON) bertajuk “Strategi Perolehan Nilai Maksimal Inovasi Sosial dan Social Return on Investment (SROI)”, secara daring. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perhelatan Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2023, yang sebelumnya telah sukses terlaksana pada September 2022.

“Perhelatan ini sebagai komitmen PT Sucofindo dalam mendorong perusahaan atau pelaku industri untuk konsisten menjaga lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Direktur Komersial PT Sucofindo, Darwin Abas dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (15/5/23).

Kepala Unit Kerja PT Sucofindo Cabang Semarang, Wahyudi Arief menyampaikan bahwa perolehan nilai inovasi sosial dan social return on investment (SROI) menjadi parameter pencapaian PROPER EMAS. “PROPER EMAS ialah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan level tertinggi dalam pengelolaan lingkungan yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dengan beberapa indikator penilaian yang terukur,” kata Wahyudi.

Oleh karena itu, melalui kegiatan talkshow CARBON ini tidak hanya memberikan ruang pada para pelaku usaha atau masyarakat tetapi juga menghadirkan narasumber, baik dari praktisi maupun akademisi. “Hal ini sebagai ruang diskusi dan mampu memotivasi dalam membuat inovasi lingkungan dan sosial, serta sejalan dengan penerapan social return on investment (SROI),” imbuhnya.

Dede Abdul Hasyir, Dosen Universitas Padjadjaran, menjelaskan bahwa laporan SROI merupakan pembuktian secara kuantitatif atas dampak atau manfaat dari program CSR unggulan yang telah diklaim memiliki muatan inovasi sosial.
Dalam mendukung upaya pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat oleh pelaku usaha, PT Sucofindo Cabang Semarang sejak tahun 2017 telah aktif mendampingi Public Disclosure Program for Environmental Compliance (PROPER), yaitu berbicara mengenai penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan melalui berbagai indikator.

Selain itu, PT Sucofindo Cabang Semarang juga mampu melayani seluruh jasa turunan dari PROPER seperti GAP analysis, pendampingan dokumen hijau dan DRKPL, pemetaan sosial (social mapping), stakeholder engagement, indeks kepuasan masyarakat dan social license index, audit energi, audit air, verifikasi data dan SDGs, Social Return on Investment (SROI), pendampingan inovasi sosial, maupun benchmarking.

Artikel Terkait

Back to top button