BERITA

Tingkatkan Keamanan Pasokan, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna Tambah Armada Kapal

BUMN Track. Jakarta – PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg), bagian dari Subholding PT PLN Energi Primer Indonesia (EPI), telah meresmikan tambahan armada kapalnya berjenis Supramax yaitu MV Latifah Baruna. Pengambilan nama Latifah Baruna terinspirasi dari tokoh pahwalan wanita, Tengku Agung Syarifah Latifah yang berasal dari Riau dan berjasa bagi pendidikan perempuan di Indonesia. Sedangkan nama Baruna merupakan ciri khas dari nama kapal BAg yang merupakan akronim dari Bahtera Adhiguna.

Acara peresmian tersebut dilaksanakan di PLTU Suralaya, Banten pada hari Sabtu (5/8/2023). Acara ini sendiri dihadiri oleh jajaran manajemen di lingkungan PLN Group, Dari Kementerian Perhubungan, jajaran pengurus INSA (Indonesian National Shipowner’s Association) dan para stakeholder.

Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN (Persero), Hartanto Wibowo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peresmian ini merupakan momentum yang baik BAg untuk terus tumbuh menjaga supply chain energi primer untuk PLN. “Dengan penambahan kapal, diharapkan akan semakin memperkokoh kapasitas BAg dalam mengamankan transportasi energi primer yang andal dan berkelanjutan. Meskipun BAg terus menambah kapalnya, BAg harus terus berkolaborasi dengan mitra dan stakeholdernya untuk tetap mengamankan pasokan” ujar Hartanto Wibowo.

Iwan Agung Firstantara selaku Direktur Utama PT PLN Energi Primer Indonesia juga berharap bahwa PT BAg dapat terus berinovasi dan tumbuh berkembang bersama PLN EPI. “Kiprah BAg adalah dengan menunjukkan dukungan terhadap PLN EPI dalam memberikan dan memenuhi harapan pelanggan, menjaga kualitas transportasi yang aman dan terjaga terutama dengan adanya tambahan armada kapal ini. Semakin besar BAg akan semakin memperbesar PLN EPI group,” kata Iwan Agung.

Ketua INSA, Carmelita Hartoto, mengungkapkan bahwa BAg telah melakukan kolaborasi yang baik dengan INSA, terutama saat menghadapi krisis batubara pada tahun 2022, dan kolaborasi ini diharapkan akan dilanjutkan terus ke depannya.

Peresmian MV Latifah Baruna ini juga bertepatan dengan 12 tahun bergabungnya PT BAg dengan PLN Grup. Tri Susanto selaku Direktur Utama PT BAg mengatakan bahwa dengan bergabungnya BAg dalam keluarga besar PLN Group, perusahaan terus mengalami peningkatan dan perkembangan yang signifikan dari aspek operasional dan keuangan. “Pencapaian angkutan energi primer yang terus naik setiap tahun khususnya batubara, menunjukkan bahwa peran perusahaan sangat dibutuhkan dalam mendukung security of supply dari mata rantai penyediaan energi listrik di Indonesia dan meningkatnya kepercayaan customer atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan” Ujar Tri Susanto.

Bergabungnya MV Latifah Baruna menjadi bentuk nyata komitmen BAg untuk terus meningkatkan keamanan pasokan energi primer. MV Latifah Baruna menjadi armada ke-14 yang dimiliki oleh PT BAg, dan kapal ini mampu mengangkut batubara hingga 55.000 Metrik Ton untuk memenuhi kebutuhan PLTU Suralaya, PLTU Lontar, dan PLTU Pangkalan Susu.

Artikel Terkait

Back to top button