BERITA

WIKA Jadi Kontraktor Idaman Para Karyawan di Indonesia 2019

Jakarta, Bumntrack.co.id – Jelang hari jadinya yang ke-60 tahun, PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. [WIKA] menyabet Top 20 Indonesia Employer of Choice 2019 dan menjadi BUMN Konstruksi paling idaman. Dengan masuknya WIKA dalam Top 20 perusahaan idaman bagi para karyawan dan job seeker menegaskan bahwa WIKA memiliki magnitude (daya Tarik) tinggi, khususnya bagi mereka generasi milenial yang memang mendominasi survey tersebut.

“Hingga November 2019, dapat disampaikan bahwa 69% dari total karyawan WIKA, saat ini didominasi oleh mereka yang masuk dalam generasi milenial (lahir pada kisaran tahun 1980 – 2000an). Sejalan dengan itu, peluang career path bagi milenial untuk berkembang di WIKA terbilang besar, inline dengan era industri 4.0 dan digitalisasinya yang sudah semakin dekat,” kata Direktur Human Capital dan Pengembangan Perseroan, Novel Arsyad di Jakarta, Jumat (22/11).

Chairman SWA Network, Kemal A. Gani mengatakan bahwa ada sebuah tantangan baru bagi pengelola korporasi saat ini untuk dapat konsisten menghasilkan performa apik untuk terus sustain, yaitu menciptakan kenyamanan dalam bekerja. Dari kenyamanan itulah akan menstimulasi lahirnya karyawan-karyawan bertipe most effective yang sangat diperlukan bagi kemajuan.

Setiap perusahaan sukses tentu memahami pentingnya branding pada suatu produk atau layanan untuk menarik konsumen. Hal yang serupa juga terjadi dalam “perang” memperebutkan talenta terbaik di pasar: perusahaan perlu memiliki employer brand yang positif dan menonjol di mata para pencari kerja dan publik.

Indonesia Employer of Choice merupakan survei untuk mengetahui industri dan/atau perusahaan mana saja yang jadi pilihan/idaman para karyawan dan job seekers. Responden yang disurvei adalah para pencari kerja sebanyak 3.512 orang yang terdiri dari 2.912 mahasiswa tingkat akhir di sejumlah perguruan tinggi terkemuka dan 600 orang yang telah bekerja.

Mayoritas responden, sebanyak 84,3% berusia 20-25 tahun. Lalu dari sisi domisili, 42,4% dari total responden berasal dari Jabodetabek dan 57,6% di luar Jabodetabek (Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan sebagainya)

Satu hal yang juga menarik dicermati adalah, industri startup dan e-commerce yang diperkirakan difavoritkan generasi millenial, masing-masing berada di posisi 7 (5%) dan ke-10 (4%). Meski mayoritas responden adalah generasi millennial, nyatanya alasan utama bagi kebanyakan job seeker untuk memilih pekerjaan adalah besarnya gaji (menurut 11% dari total responden). Alasan berikutnya dalam top 5 reason, yakni: jenjang karir yang disediakan (8%); keterkenalan perusahaan (6%); besarnya peruasahaan (5%) dan jaminan masa depan (4%).

Show More

Artikel Terkait

Back to top button