Page 68 - BUMNTrack Edisi Desember 2019
P. 68

r
               raporapor








































              Pola Bisnis Jasindo Bergeser

              ke Customer Oriented



              Transformasi di bidang IT yang terjadi di berbagai lini bisnis,

              termasuk di industri asuransi, tak dapat dihindari. Jasindo, sebagai
              salah satu market leader bisnis asuransi milik pemerintah mulai
              melakukan transformasi dan merambah digital.



                      T Asuransi Jasa Indonesia   seperti sebelumnya dirasa kurang Tepat.   meningkatkan agresivitas untuk
                      (Persero) atau Jasindo    Diharapkan dengan pola ini Asuransi   mendapatkan rantai nilai (value chain)
                      memperluas pangsa pasar   Jasindo dapat memimpin pasar dengan   dari setiap bisnis korporasi yang sudah
              Pdengan menerapkan pola           hasil yang maksimal pada tahun    ada. Disisi lain, secara perlahan kami
              bisnis baru dari yang sebelumnya   kedepannya,” ungkapnya dalam Media   juga akan terus meningkatkan penetrasi
              berorientasi pada produk (product   Gathering Jasindo di Sentul, Sabtu   di segmen ritel, karena ke depan
              oriented) beralih menjadi orientasi   (23/11).                      Asuransi Jasindo tidak hanya ingin
              konsumen (constumer oriented).       Menurutnya, perubahan ini tidak   bertumpu pada bisnis korporasi tetapi
              Perubahan pola bisnis tersebut diikuti   serta merta mengubah pangsa pasar   juga segmen ritel yang memiliki peluang
              dengan perubahan struktur organisasi   Asuransi Jasindo yang selama ini banyak   cukup baik,” jelasnya.
              yang selama ini ada di Asuransi Jasindo.   berkecimpung di nasabah korporasi.   Perubahan orientasi bisnis yang
                 Hal tersebut ditegaskan Direktur   Melainkan, dengan pola ini diharapkan   dituntut bergerak cepat tentu harus
              Keuangan dan Investasi Asuransi Jasindo   perusahaan yang mempercayakan   diimbangi dengan kesiapan Sumber
              Didit Mehta Pariadi yang mengatakan   asuransinya kepada Asuransi Jasindo   Daya Manusia (SDM).  Hal ini diyakini
              pola lama dirasa tidak sesuai dengan   juga akan melirik layanan asuransi lain   juga oleh Jasindo, yang menyadari
              semangat baru perusahaan. “Jika tetap   yang dimiliki oleh Jasindo.  bahwa SDM sebagai kunci penggerak
              menggunakan model bisnis yang sama   “Kami juga akan menyasar dan   sehingga perlu disiapkan untuk


              68     |     BUMN Track     |     No. 143 TAHUN XII DESEMBER 2019



       RAPOR.indd   68                                                                                           12/11/19   7:30 PM
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73