Page 69 - BUMNTrack Edisi Desember 2019
P. 69
mendukung strategi tersebut.
Direktur Sumber Daya Manusia
dan Umum Asuransi Jasindo, Linggasari
Suharso, mengatakan, divisi SDM
tengah menyiapkan kompetensi baru
guna mendukung strategi bisnis yang
berubah ke arah customer oriented.
Pertama, menurutnya, adalah
menyiapkan job descriptions dan job
grading yang baru. “Kita akan siapkan
job grading yang lebih simple sehingga
siapa pun yang berkinerja baik bisa lebih
cepat karirnya, tidak lagi melihat masa
jabatan seperti apa yang sebelumnya
menjadi salah satu indikator penilaian,”
ujar Sari.
Langkah berikutnya, ialah
menyiapkan program pendidikan
dan pelatihan yang lebih berfokus
kepada pengembangan soft skill, seperti baru yakni Customer Relationship Sebagai langkah nyata, Jasindo
leadership dan cara berpikir strategis Manager dalam struktur organisasinya. telah menggandeng perusahaan
untuk pengembangan bisnis (strategic Posisi ini akan bertanggung jawab untuk financial technology (fintech) untuk
orientations). “Saya sudah siapkan tim membantu setiap customer, dalam hal perluasan pangsa pasar. Hal tersebut
bernama human capital business partner ini korporasi, untuk memenuhi seluruh dilakukan guna mendukung penetrasi
(HCBP). Selanjutnya, merekalah kebutuhan asuransinya, tidak hanya ke masyarakat dengan jangkauan yang
yang akan bertindak sebagai mitra untuk korporasinya tetapi juga untuk lebih luas. “Kami sudah menggandeng
strategis perusahaan yang menyiapkan asuransi kecelakaan karywan atau asuransi Traveloka, saat ini masih dalam proses
kompetensi sesuai dengan kebutuhan perjalanan dinasnya. sinkronisasi IT,” ujar Sahala L. Tobing,
bisnis perusahaan ke depan,” jelasnya. “Jadi tugasnya memberikan solusi Direktur Bisnis Jasindo.
Sementara langkah ketiga, dengan end-to-end bagi setiap customer, dengan Perkembangan jasa keuangan berbasis
mengubah komposisi dalam struktur begitu kami bisa mengembangkan bisnis fintech di Indonesia sangat pesat, sehingga
organisasi. Menurut Sari, saat ini menjadi one stop solution bagi korporasi menjadi pasar yang amat potensial bagi
jumlah SDM masih lebih banyak yang yang jadi nasabah kami,” jelas Sari. industri asuransi, tak terkecuali Jasindo.
menempati back office yakni 70 persen, Bahkan ke depan, pihaknya sudah “Fintech bisa dijadikan suatu pemecah es
padahal jika bisnis berubah menjadi berencana akan membangun Corporate (ice breaker) yang signifikan bagi industri
customer oriented maka yang lebih University . Menurut Sari, Jasindo asuransi untuk menembus masyarakat
banyak dibutuhkan adalah front office. sudah memiliki anak usaha Jasindo hingga ke lapisan yang paling bawah.
Dengan begitu, ke depan tim SDM Bangun Insani yang bisa diubah menjadi Selain itu, fintech dapat menjadi suatu
Jasindo akan mengubah komposisinya Corporate University, “Sudah ada hantaran asuransi untuk maju dikarenakan
menjadi 50 : 50. SDMnya dan sarana –prasarananya, jadi fintech memanfaatkan teknologi
“Nantinya, kami dorong dengan kami akan mulai menggarapnya jadi telekomunikasi dan memiliki basis data
digitalisasi dan membuat program corporate university,” jelasnya. yang besar,” imbuhnya.
employe get customer supaya mereka Bagi Asuransi Jasindo, melakukan
yang menyuarakan dan mem-branding Sasar Produk Baru kolaborasi dengan perusahaan fintech
Jasindo,” ungkap Sari. Materi mengenai Di tahun mendatang, Asuransi Jasindo merupakan potensi yang menjanjikan
teknologi informasi dan digitalisasi berencana memasarkan produk baru, di karena adanya generasi milenial yang erat
seperti AI, IoT dan robotik juga sudah antaranya berupa cyber insurance, produk kaitannya dengan digitalisasi yang mulai
dimasukkan dalam agenda pendidikan segmen milenials, produk di bidang mendominasi pasar di era digitalisasi
dan pelatihan SDM Jasindo. pertanian asuransi kopi dan bawang, di saat ini. Pemanfaatan fintech juga bisa
Untuk mendukung pengembangan bidang peternakan asuransi kambing dan meningkatkan efisiensi perusahaan
bisnis yang lebih agresif, Sari mengatakan domba dan di bidang kesehatan asuransi asuransi baik belanja modal, infrastruktur
pihaknya juga menyiapkan satu jabatan kesehatan individu. maupun biaya operasional lainnya.
No. 143 TAHUN XII DESEMBER 2019 | BUMN Track | 69
RAPOR.indd 69 12/11/19 7:30 PM