Page 74 - BUMNTrack Edisi Desember 2019
P. 74

figur





              Bermodal Kerja Keras


              dan Self Improvement





              Direktur Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga, Romulo Hutapea


                      agi Direktur Pemasaran    saya pun dapat bekerja di bagian   tahu akan berada di mana. Tetapi di
                      PT Pertamina Patra Niaga   marketing. Maka komitmen saya    mana pun berada kita tetap harus
                      Romulo Hutapea, seorang   adalah ingin memberikan yang                 berorientasi kepada
              Bmarketer harus memiliki jiwa     terbaik,”  jelas Romulo.                       masyarakat,” jelas
              suka bekerja keras dan melakukan     Bagi Romulo, seorang                         pria yang hobi
              peningkatan diri (self improvement).   marketer harus punya                        berolahraga  golf,
              Kedua sifat tersebut sudah melekat   integritas dan totalitas                      renang dan jogging
              padanya sejak kecil lantaran kedua orang   kepada perusahaan.                        tersebut.
              tuanya yang berprofesi  guru selalu   Karena itu, komitmennya
              mengajarkan untuk siap menghadapi   adalah totalitas mengabdi
              kompetisi.  “Modal  seseorang untuk   kepada perusahaan. Baginya,
              bisa bekerja lebih baik adalah mau   marketer harus mampu
              bekerja keras dan melakukan self   menjual diri dalam pengertian
              improvement, baik knowledge maupun   yang positif.  “Ibaratnya saya
              perilaku,” jelas Romulo.          mempunyai ide bagus, kalau hanya
                 Karier pria kelahiran Hutabayu   disimpan dalam flash disk tidak
              Raja, Simalungun, Sumatera Utara,1   akan berarti, sehingga harus
              November 1963 ini terbilang       dikomunikasikan kepada
              gemilang. Pada tahun 2015, ia     pimpinan,” ujarnya.
              diangkat menjadi GM Marketing        Kebiasaan
              Operation Region I PT Pertamina   menyampaikan ide
              Retail, sebelum ditugaskan menjadi   tersebut sudah ia lakukan
              Direktur Pemasaran PT Pertamina   sejak dulu, ketika awal
              Patra Niaga pada Februari 2017.   bekerja di Pertamina
                 Romulo mengawali kariernya     tahun 1991. Mungkin
              di PT Pertamina (Persero) dengan   kebiasaan itu muncul
              bergabung dalam Direktorat PPDN di   lantaran sebelumnya
              Jakarta pada tahun 1992. Selanjutnya   ia seorang pengajar di
              bekerja di bagian penjualan area   Universitas Indonesia.
              Padang, Manado dan Bandung hingga    Kini, Romulo
              tahun 2006. Ia juga pernah bertugas   mengaku sudah merasa
              sebagai Manager Gas Domestik Region   bahagia dan bersyukur
              II (2008), Manager Marketing LPG   kepada Tuhan, bisa
              (2009), Manager Operation Retail &   berada pada posisinya
              Pricing (2009), dan Direktur Operasi PT   saat ini. Terlebih,ia
              Pertamina Retail (2011).          merasa berasal
                 Anak kedua dari 10 bersaudara   dari daerah. “Yang
              ini mengaku memiliki  passion  di   terpenting kita harus
              bidang marketing karena senang    berorientasi
              bisa mencapai berbagai wilayah    kepada
              Indonesia dan dunia. Termasuk     masyarakat.
              bekerja dan bertemu banyak orang.   Bila kita lepas dari
              “Ketika Tuhan memperkenankan,     Pertamina, kita tidak




              74     |     BUMN Track     |     No. 143 TAHUN XII DESEMBER 2019



       FIGUR.indd   74                                                                                           12/11/19   7:34 PM
   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79