Page 36 - Edisi Febuari 2020
P. 36
seremoni
jAWARA SEBARkAN
budaya SafeTy
ujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta Utara tak
Hmenyurutkan semangat peserta Kompetisi JAWARA
Tahun 2020 beradu kekuatan, kecekatan, dan kesadaran
akan aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE).
JAWARA yang tahun ini mengusung tema “Tingkatkan
Kompetensi Pengelolaan Risiko HSSE untuk Membangun
Budaya HSSE, Meningkatkan Daya Saing Perusahaan
di Era Revolusi Industri 4.0 dan Mewujudkan Business
SEmEN INdoNESIA Sustainability” merupakan acara tahunan peringatan Bulan
K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang diadakan oleh PT
luncurkan logo baru Sig Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III.
“Kompetisi JAWARA menjadi salah satu upaya untuk
T Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan menyebarkan budaya HSSE dalam perilaku individu. Kami
Ptransformasi dan rebranding yang ditandai dengan berharap, aspek keamanan dan keselamatan tidak hanya
perubahan logo dan nama menjadi PT Semen Indonesia dilakukan pada bulan ini saja tapi menjadi gaya hidup
Group (SIG). Peluncuran logo tersebut dilakukan di Jakarta dalam setiap aktivitas baik operasional maupun sehari-
Convention Centre (JCC), Rabu (11/2). hari,” jelas General Manager Pertamina MOR III Tengku
Direktur Utama Semen Indonesia, Hendy Prio Fernanda pada Pembukaan JAWARA selasa (4/2) di MTC
Santoso menegaskan, rebranding ini bukan hanya Fireground Plumpang, Jakarta Utara.
semata terkait perubahan logo dan nama, namun Ada berbagai perlombaan yang disajikan terkait menguji
berkaitan erat dengan semangat perubahan yang keterampilan, ketangkasan dan pemahaman aspek HSSE
dimiliki oleh perusahaan. “Rebranding ini menandakan Pertamina termasuk 12 Corporate Life Saving Rules.
kami bertransformasi dari yang semula berkecimpung Kompetisi tahun ini terdiri dari Fireman Combat yakni uji
hanya pada bisnis semen kini bertransformasi menjadi stamina dan dan ketangkasan tim pemadan kebakaran, yang
perusahaan yang terintegrasi sebagai penyedia solusi mengadaptasi tes Firefighter Physical Aptitude Test (FPAT).
bahan bangunan yang inovatif, terbaru dan bernilai Selain itu, berbagai ketangkasan yang mendukung
tambah,” ungkap Hendy. penerapan aspek HSSE, antara lain kompetisi Lock Out Tag
Menurutnya, ke depan SIG akan mengelola Out (LOTO) untuk mengisolasi energi berbahaya dari mesin,
bisnis berbasis teknologi dengan juga instalasi listrik, atau peralatan lain yang sedang dalam
meluncurkan platform jaringan berbasis online bernama perawatan. Dalam kegiatan ini, peserta selain mengunci
‘Sobat Bangun’. Hal ini dilakukan agar SIG nantinya dapat sumber energi berbahaya, juga wajib mengunci dengan
menjadi solusi bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan memberikan label atau tag tanda bahaya. Ada juga fun
bahan bagunan yang mengintegrasikan berbagai layanan games, dan manifold fire, serta pipeline emergency plan.
terkait dengan kebutuhan pembangunan, seperti jasa Kompetisi diikuti 14 tim yang mewakili seluruh lokasi kerja
arsitek (desain) hingga kontraktor. di wilayah Marketing Operation Region III yang mencakup
Dengan nama dan logo baru ini juga, SIG akan terus Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
menunjukkan komitmennya dalam pembangunan
keberlanjutan yang berbasis lingkungan dan berkomitmen
untuk perlahan mengubah stigma masyarakat yang
mengatakan bahwa industri semen tidak ramah lingkungan.
Di tengah pasar semen yang masih dibayangi oleh
kondisi oversupply, SIG yang pada tahun ini ditargetkan
akan menggelontrokan belanja modal atau capital
expenditure (capex) yang ditaksir hingga Rp 2 triliun itu tetap
optimis menyongsong tahun 2020 sembari tetap memutar
otak dan terus berinovasi untuk mendapatkan strategi agar
dapat tetap kokoh di tengah ketidakpastian pasar.
36 | BUMN Track | No. 145 TAHUN XIII FEBRUARI 2020
SEREMONI.indd 36 2/17/20 4:42 PM