Page 36 - Edisi Febuari 2020
P. 36

seremoni





                                                                 jAWARA SEBARkAN
                                                                 budaya SafeTy



                                                                     ujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta Utara tak
                                                                 Hmenyurutkan semangat peserta Kompetisi JAWARA
                                                                 Tahun 2020 beradu kekuatan, kecekatan, dan kesadaran
                                                                 akan aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE).
                                                                 JAWARA yang tahun ini mengusung tema “Tingkatkan
                                                                 Kompetensi Pengelolaan Risiko HSSE untuk Membangun
                                                                 Budaya HSSE, Meningkatkan Daya Saing Perusahaan
                                                                 di Era Revolusi Industri 4.0 dan Mewujudkan Business
              SEmEN INdoNESIA                                    Sustainability” merupakan acara tahunan peringatan Bulan
                                                                 K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang diadakan oleh PT
              luncurkan logo baru Sig                            Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III.
                                                                    “Kompetisi JAWARA menjadi salah satu upaya untuk
                 T Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan          menyebarkan budaya HSSE dalam perilaku individu. Kami
              Ptransformasi dan rebranding yang ditandai dengan   berharap, aspek keamanan dan keselamatan tidak hanya
              perubahan logo dan nama menjadi PT Semen Indonesia   dilakukan pada bulan ini saja tapi menjadi gaya hidup
              Group (SIG). Peluncuran logo tersebut dilakukan di Jakarta   dalam setiap aktivitas baik operasional maupun sehari-
              Convention Centre (JCC), Rabu (11/2).              hari,” jelas General Manager Pertamina MOR III Tengku
                Direktur Utama Semen Indonesia, Hendy Prio       Fernanda pada Pembukaan JAWARA selasa (4/2) di MTC
              Santoso menegaskan, rebranding ini bukan hanya     Fireground Plumpang, Jakarta Utara.
              semata terkait perubahan logo dan nama, namun         Ada berbagai perlombaan yang disajikan terkait menguji
              berkaitan erat dengan semangat perubahan yang      keterampilan, ketangkasan dan pemahaman aspek HSSE
              dimiliki oleh perusahaan. “Rebranding ini menandakan   Pertamina termasuk 12 Corporate Life Saving Rules.
              kami bertransformasi dari yang semula berkecimpung   Kompetisi tahun ini terdiri dari Fireman Combat yakni uji
              hanya pada bisnis semen kini bertransformasi menjadi   stamina dan dan ketangkasan tim pemadan kebakaran, yang
              perusahaan yang terintegrasi sebagai penyedia solusi   mengadaptasi tes Firefighter Physical Aptitude Test (FPAT).
              bahan bangunan yang inovatif, terbaru dan bernilai    Selain itu, berbagai ketangkasan yang mendukung
              tambah,” ungkap Hendy.                             penerapan aspek HSSE, antara lain kompetisi Lock Out Tag
                Menurutnya, ke depan SIG akan mengelola          Out (LOTO) untuk mengisolasi energi berbahaya dari mesin,
              bisnis berbasis teknologi dengan juga              instalasi listrik, atau peralatan lain yang sedang dalam
              meluncurkan platform jaringan berbasis online bernama   perawatan. Dalam kegiatan ini, peserta selain mengunci
              ‘Sobat Bangun’. Hal ini dilakukan agar SIG nantinya dapat   sumber energi berbahaya, juga wajib mengunci dengan
              menjadi solusi bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan   memberikan label atau tag tanda bahaya. Ada juga fun
              bahan bagunan yang mengintegrasikan berbagai layanan   games, dan manifold fire, serta pipeline emergency plan.
              terkait dengan kebutuhan pembangunan, seperti jasa   Kompetisi diikuti 14 tim yang mewakili seluruh lokasi kerja
              arsitek (desain) hingga kontraktor.                di wilayah Marketing Operation Region III yang mencakup
                Dengan nama dan logo baru ini juga, SIG akan terus   Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
              menunjukkan komitmennya dalam pembangunan
              keberlanjutan yang berbasis lingkungan dan berkomitmen
              untuk perlahan mengubah stigma masyarakat yang
              mengatakan bahwa industri semen tidak ramah lingkungan.
                Di tengah pasar semen yang masih dibayangi oleh
              kondisi oversupply, SIG yang pada tahun ini ditargetkan
              akan menggelontrokan belanja modal atau capital
              expenditure (capex) yang ditaksir hingga Rp 2 triliun itu tetap
              optimis menyongsong tahun 2020 sembari tetap memutar
              otak dan terus berinovasi untuk mendapatkan strategi agar
              dapat tetap kokoh di tengah ketidakpastian pasar.


              36     |     BUMN Track     |     No. 145 TAHUN XIII FEBRUARI 2020



       SEREMONI.indd   36                                                                                         2/17/20   4:42 PM
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41