Page 32 - Edisi Febuari 2020
P. 32
Pada tahun 2020 dan selanjutnya, efektivitas penyelesaian pekerjaan. Next Generation Data Management,
Pegadaian akan terus menghadirkan Selanjutnya, Technology. termasuk di dalamnya adalah
inovasi-inovasi baru untuk Perusahaan fokus meningkatkan Enterprise Data Warehouse, Tata
meningkatkan kinerja bisnis. Salah kinerja menggunakan teknologi Kelola Data dan Master Data
satunya dengan mengembangkan terkini dengan memanfaatkan data Management, pengembangan self
digital lending untuk menyalurkan analytic dan artificial intelligence. service reporting, serta Credit Scoring
pinjaman modal kerja berdasarkan Yang terakhir Timing. Untuk & Predictive Analysis, menggandeng
invoice yang fokus pada dua segmen, mengerjakan sesuatu yang besar Telkom baik dari sisi infrastruktur
yakni consumer dan UMKM. diperlukan waktu yang lama, oleh maupun expertise.
Menariknya, program besutan karena itu solusi produk quick win ini Jauh sebelumnya, sinergi antara
Pegadaian ini menawarkan jangka di implementasikan dalam rangka Pegadaian dengan Telkom sudah
waktu tenor yang singkat, yakni membangun kepercayaan tim serta berlangsung cukup lama. Salah
maksimal enam bulan dengan jumlah memberikan motivasi untuk satunya dalam hal pengelolaan
pinjaman tertinggi Rp 2 miliar. mengejar sesuatu yang lebih besar. infrastruktur connectivity di lebih
4.200-an titik outlet milik Pegadaian.
Mengubah Mindset Enam Fokus Strategi “Telkom memiliki coverage network
Tantangan terbesar yang dihadapi Inisiatif Teknologi yang sangat luas, yang mampu
Pegadaian untuk bertransformasi Informasi menjangkau hingga pulau-pulau
adalah mengubah pola pikir Untuk mendukung keberlangsungan yang berada di pelosok. Kita juga
karyawan yang sebelumnya berada transformasi digital, Pegadaian mengetahui bahwa Telkom memiliki
di zona nyaman karena monopoli menyoroti enam fokus strategi inisiatif grup yang besar dan solusi ICT yang
bisnis perusahaan. Berjalannya yang meliputi People, Process, dan cukup lengkap melalui anak-anak
waktu, gempuran kompetisi dan Technology. Pertama terkait penguatan perusahaannya,” ungkap Teguh
digitalisasi memaksa Pegadaian kapabilitas organisasi dengan mengumbar alasan mempercayai
untuk berubah. Sehingga tantangan merombak pengaturan dan tata kelola Telkom sebagai mitra strategisnya.
selanjutnya adalah bagaimana IT. Kedua, melakukan modernisasi Di sisi lain, Telkom memiliki data
kesiapan SDM Pegadaian arsitektur aplikasi dengan center dengan sistem keamanan
mentransform bisnis yang ada ke meningkatkan kualitas Core Application yang sangat baik. Pegadaian juga
ranah digital. dan Application Programming Interface memilih bekerjasama dengan Telkom
“Mengubah mindset, budaya kerja (API) menjadi berbasis arsitektur untuk mengelola call center hingga
dan meningkatkan kapabilitas itu microservices, membangun Lead digital marketing. Sementara tahun
tidak mudah. Kami butuh waktu Management System dan Customer lalu, kerja sama antar dua
sekitar setahun untuk meyakinkan Relationship Management (CRM), serta perusahaan berlanjut ke
mereka bahwa transformasi ini bisa Enterprise Resource Planning (ERP) di implementasi ERP/SAP.
dilakukan dan berhasil, memastikan seluruh fungsi. “Selain sebagai provider dan
bahwa mereka bisa meng-adopt cara Ketiga, melakukan upgrade advisory ICT yang memiliki lini bisnis
baru dari luar dan mengoptimalkan infrastruktur TI untuk membangun end to end, alasan kami memilih
potensi dari dalam,” ungkap Teguh. dan mengembangkan aplikasi secara Telkom adalah karena kami memiliki
Itulah mengapa, ia menekankan lebih cepat, menggabungkan semangat yang sama dalam
strategi 4T yang dibangun di teknologi cloud dan non cloud. membangun GCG dengan
lingkungan Transformation Office. Keempat, peningkatan ketahanan mengutamakan integritas, fairness
Pertama, Team yang solid. cyber security yang dimulai sejak dan independen. Kami sepakat untuk
Manajemen ditantang untuk melebur proses pengembangan hingga membangun kerjasama bisnis tanpa
dua kultur yang berbeda, yakni operasional. ada celah untuk kepentingan pribadi.
antara generasi milenial yang paham Selanjutnya, perusahaan fokus Ini value yang sangat penting bagi
akan model digitalisasi dengan membangun dua pusat inovasi saya,” imbuh Teguh.
talent-talent expert exsisting berupa Digital Center of Excellences “Kerja sama bisnis Pegadaian dan
Pegadaian yang mahir di product untuk melakukan studi dan Telkom tidak dilihat dari besaran
knowledge. Kedua generasi ini prototyping terhadap proses nilai nominal semata, namun kerja
memiliki latar belakang, usia, cara pengembangan produk baru, model sama bisnis ini juga harus
kerja dan kultur yang jauh berbeda. bisnis baru dan adopsi konsep baru, ditempatkan sebagai aspek strategis
Kunci kedua adalah Tools yang serta Analytics Lab Big Data untuk yaitu bagaimana kami bisa tumbuh
berfungsi agar para karyawan mengelola Big Data yang berkembang bersama melalui
bekerja di platform yang sama, menghasilkan use case berbasis penyediaan produk dan layanan
transparan dan terukur. Absensi tidak Artificial Intelligence dan Machine yang mudah diakses dan memenuhi
lagi menjadi tuntutan yang harus Learning. Berikutnya, fokus keenam harapan seluruh masyarakat,”
dipenuhi, namun lebih kepada yang dilakukan adalah membangun pungkasnya.
TELKOM2.indd 32 2/18/20 7:31 PM