Page 28 - Edisi Januari 2020
P. 28

seremoni




                                                                 sPIL dAN LINKAJA

                                                                 sINeRgI PRogRAm
                                                                 Benefit PeLanggan

                                                                 dan kaRyawan



                                                                       enghadapi era digitalisasi, PT Salam Pacific Indonesia
                                                                 MLines (SPIL) bersama LinkAja sepakat untuk
                                                                 meningkatkan kualitas pelayanan untuk pelanggan, ekspansi
                                                                 pasar, ataupun berbagai program tunjangan insentif bagi
                                                                 karyawannya. Salah satunya adalah mengintegrasikan platform
              KCI ResmIKAN TIgA sTAsIUN                          digital yang dikembangkan masing-masing perusahaan, dalam
                                                                 bentuk konversi poin mySPIL, aplikasi yang digunakan para
              Ramah Lingkungan                                   pelanggan SPIL dalam melaksanakan transaksi booking, sampai
                                                                 dengan memantau posisi pengiriman kontainer barang, ke
                                                                 dalam saldo di aplikasi LinkAja.
                 T Kereta Commuter Indonesia (KCI) mempercantik     “Salah satu fitur dari mySPIL adalah mySPIL Points.
              Pbeberapa stasiun KRL dengan mempergunakan         Dan dari kerja sama (dengan LinkAja, red.) ini, nantinya
              sarana dan prasarana yang ramah lingkungan. Sebagai   saldo mySPIL Points bisa dikonversi ke saldo LinkAja. Dan
              percontohan, Stasiun Go Green dimulai dari Stasiun   tentunya bisa digunakan di berbagai merchant yang ada
              Sudirman, Stasiun Jurangmangu dan Stasiun Klender.   di LinkAja,” kata Jimmy Liesensia, GM Commercial SPIL di
              Peresmian ketiga stasiun tersebut sebagai Stasiun Ramah   Jakarta, Senin (23/12).
              Lingkungan, dilakukan bersama oleh Sekretaris Jenderal   Dengan kerjasama ini, maka SPIL merupakan
              Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik   perusahaan pelayaran pertama yang menerapkan
              Indonesia, Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia   digitalisasi pelayanan pelanggan melalui aplikasi mySPIL.
              Daerah Operasi 1 Jakarta, dan Direktur Utama PT KCI pada   SPIL nantinya dapat menggunakan fasilitas LinkAja untuk
              Selasa 17 Desember 2019 di Stasiun Sudirman.       pembayaran merchant dan belanja online, beli pulsa, bayar
                 “Sebelum dipilih tiga stasiun tersebut, KCI melakukan   tagihan, transfer dana dan remitansi, pembayaran berbagai
              penilaian sarana dan prasarana di 80 stasiun. Hasilnya, ada tiga   produk keuangan dan remitansi, donasi hingga transportasi.
              stasiun yang dianggap cocok mewakili masing-masing lintasan   “Kerja sama LinkAja dan SPIL menjadi awal yang baik
              seperti stasiun Jurangmangu mewakili lintas Rangkas Bitung,   bagi proses amplifikasi transaksi nontunai dalam lingkup
              Stasiun Klender mewakili lintas Bekasi, dan Stasiun Sudirman   perusahan. Dengan sebagian tunjangan yang dikonversikan
              mewakili lintas tengah. Rencananya green station akan dilakukan   menjadi saldo LinkAja dapat memberi berbagai kemudahan
              pada semua stasiun KRL secara bertahap,” kata Direktur Utama   berarti yang dinikmati oleh seluruh karyawan dan pengguna
              PT KCI, Wiwik Widayanti di Jakarta, Selasa (17/12).  jasa perusahaan ini untuk menikmati ratusan ribu akses
                 Stasiun ramah lingkungan ini merupakan wujud nyata   transaksi keuangan yang dimiliki LinkAja,” kata Rizcky Alfath
              PT KCI untuk melaksanakan program pemerintah dalam   selaku Head of New Business Commerce Group LinkAja.
              hal pelestarian lingkungan antara lain tempat charger
              telepon seluler dengan sumber listriknya berasal dari panel
              sel surya, pengelolaan sampah dengan pemisahan jenis
              sampah dan dilengkapi rumah sampah, serta taman stasiun
              untuk membuat stasiun lebih sejuk dan asri.
                 Selain itu, dalam memberi layanan di Stasiun KCI juga
              memilih fasilitas-fasilitas yang lebih ramah lingkungan
              antara lain menyediakan pengering tangan sebagai
              pengganti tisu di tempat cuci tangan; pemilihan tipe keran
              yang lebih hemat air; pembuatan biopori; mengganti
              sejumlah kipas angin dinding dengan satu unit kipas angin
              HVLS (high volume low speed), hingga timer otomatis
              pengatur hidup/mati lampu di Stasiun.


              28     |     BUMN Track     |     No. 144 TAHUN XIII JANUARI 2020



       SEREMONI rev.indd   28                                                                                     1/14/20   3:23 PM
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33