Page 28 - Edisi Januari 2020
P. 28
seremoni
sPIL dAN LINKAJA
sINeRgI PRogRAm
Benefit PeLanggan
dan kaRyawan
enghadapi era digitalisasi, PT Salam Pacific Indonesia
MLines (SPIL) bersama LinkAja sepakat untuk
meningkatkan kualitas pelayanan untuk pelanggan, ekspansi
pasar, ataupun berbagai program tunjangan insentif bagi
karyawannya. Salah satunya adalah mengintegrasikan platform
KCI ResmIKAN TIgA sTAsIUN digital yang dikembangkan masing-masing perusahaan, dalam
bentuk konversi poin mySPIL, aplikasi yang digunakan para
Ramah Lingkungan pelanggan SPIL dalam melaksanakan transaksi booking, sampai
dengan memantau posisi pengiriman kontainer barang, ke
dalam saldo di aplikasi LinkAja.
T Kereta Commuter Indonesia (KCI) mempercantik “Salah satu fitur dari mySPIL adalah mySPIL Points.
Pbeberapa stasiun KRL dengan mempergunakan Dan dari kerja sama (dengan LinkAja, red.) ini, nantinya
sarana dan prasarana yang ramah lingkungan. Sebagai saldo mySPIL Points bisa dikonversi ke saldo LinkAja. Dan
percontohan, Stasiun Go Green dimulai dari Stasiun tentunya bisa digunakan di berbagai merchant yang ada
Sudirman, Stasiun Jurangmangu dan Stasiun Klender. di LinkAja,” kata Jimmy Liesensia, GM Commercial SPIL di
Peresmian ketiga stasiun tersebut sebagai Stasiun Ramah Jakarta, Senin (23/12).
Lingkungan, dilakukan bersama oleh Sekretaris Jenderal Dengan kerjasama ini, maka SPIL merupakan
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik perusahaan pelayaran pertama yang menerapkan
Indonesia, Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia digitalisasi pelayanan pelanggan melalui aplikasi mySPIL.
Daerah Operasi 1 Jakarta, dan Direktur Utama PT KCI pada SPIL nantinya dapat menggunakan fasilitas LinkAja untuk
Selasa 17 Desember 2019 di Stasiun Sudirman. pembayaran merchant dan belanja online, beli pulsa, bayar
“Sebelum dipilih tiga stasiun tersebut, KCI melakukan tagihan, transfer dana dan remitansi, pembayaran berbagai
penilaian sarana dan prasarana di 80 stasiun. Hasilnya, ada tiga produk keuangan dan remitansi, donasi hingga transportasi.
stasiun yang dianggap cocok mewakili masing-masing lintasan “Kerja sama LinkAja dan SPIL menjadi awal yang baik
seperti stasiun Jurangmangu mewakili lintas Rangkas Bitung, bagi proses amplifikasi transaksi nontunai dalam lingkup
Stasiun Klender mewakili lintas Bekasi, dan Stasiun Sudirman perusahan. Dengan sebagian tunjangan yang dikonversikan
mewakili lintas tengah. Rencananya green station akan dilakukan menjadi saldo LinkAja dapat memberi berbagai kemudahan
pada semua stasiun KRL secara bertahap,” kata Direktur Utama berarti yang dinikmati oleh seluruh karyawan dan pengguna
PT KCI, Wiwik Widayanti di Jakarta, Selasa (17/12). jasa perusahaan ini untuk menikmati ratusan ribu akses
Stasiun ramah lingkungan ini merupakan wujud nyata transaksi keuangan yang dimiliki LinkAja,” kata Rizcky Alfath
PT KCI untuk melaksanakan program pemerintah dalam selaku Head of New Business Commerce Group LinkAja.
hal pelestarian lingkungan antara lain tempat charger
telepon seluler dengan sumber listriknya berasal dari panel
sel surya, pengelolaan sampah dengan pemisahan jenis
sampah dan dilengkapi rumah sampah, serta taman stasiun
untuk membuat stasiun lebih sejuk dan asri.
Selain itu, dalam memberi layanan di Stasiun KCI juga
memilih fasilitas-fasilitas yang lebih ramah lingkungan
antara lain menyediakan pengering tangan sebagai
pengganti tisu di tempat cuci tangan; pemilihan tipe keran
yang lebih hemat air; pembuatan biopori; mengganti
sejumlah kipas angin dinding dengan satu unit kipas angin
HVLS (high volume low speed), hingga timer otomatis
pengatur hidup/mati lampu di Stasiun.
28 | BUMN Track | No. 144 TAHUN XIII JANUARI 2020
SEREMONI rev.indd 28 1/14/20 3:23 PM