Livery Ceria: Karakter Favorit Anak Bangsa Mejeng di Rangkaian KA

Lokomotif KAI Livery Liburan
E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – Liburan sekolah tahun ini makin seru dengan kehadiran diskon tiket 30% dan tampilan baru livery tematik penuh warna dari PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Melalui dua inisiatif ini, KAI ingin menambah semarak perjalanan pelanggan sekaligus menghadirkan pengalaman yang lebih menyenangkan di atas rel.

Antusiasme masyarakat terhadap program diskon 30% kereta ekonomi komersial sudah sangat tinggi.

Hingga 21 Juni 2025 pukul 10.00 WIB, sebanyak 1.275.730 tiket telah terjual dari total 3.529.612 kursi yang disediakan. Artinya, 36% dari kapasitas akan terisi dan jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah seiring baru dimulainya masa libur sekolah di berbagai wilayah.

“Program diskon ini kami hadirkan sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam mendorong mobilitas masyarakat dan memperkuat daya beli,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba di Jakarta, Sabtu (21/6/25).

Tidak berhenti pada tarif yang lebih ramah di kantong, KAI juga memperindah perjalanan pelanggan dengan menghadirkan livery spesial Liburan Sekolah. Desain ini menampilkan karakter-karakter ikonik karya anak bangsa, menjadikan kereta sebagai kanvas ceria yang menyapa pelanggan sejak sebelum naik.

Karakter yang tampil antara lain Pionicorn, Komik Ga Jelas, Si Bedil, dan Susi and Friends, figur populer di kalangan generasi muda yang kini tampil membaur di moda transportasi publik. Kehadiran mereka membawa nuansa baru yang menyenangkan bagi penumpang, khususnya anak-anak.

Beberapa kereta yang menggunakan livery ini adalah KA Argo Wilis/Turangga relasi Bandung – Surabaya Gubeng dan KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang – Pasar Senen. Penempatan livery dilakukan pada lokomotif, bodi eksterior, hingga bordes kereta, menjadikannya pemandangan yang menarik.

“Visual yang ceria ini menjadi bagian dari semangat KAI untuk tidak hanya melayani, tapi juga menginspirasi. Kami ingin kereta menjadi ruang yang hidup, ramah keluarga, dan dekat dengan budaya kreatif lokal,” tambah Anne.

Livery ini tidak hanya menjadi ornamen visual, tetapi juga simbol kolaborasi antara transportasi dan industri kreatif, sekaligus menghadirkan nilai edukatif dan hiburan di tengah perjalanan.

KAI mengajak masyarakat untuk segera memesan tiket diskon melalui kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI dan situs booking.kai.id, untuk menikmati perjalanan yang lebih hemat dan berwarna.

“Dengan tarif lebih ringan dan kereta yang tampil lebih ekspresif, KAI mengajak seluruh keluarga menjadikan liburan sekolah ini sebagai momen berkualitas yang tak terlupakan. Karena perjalanan bukan hanya soal tujuan, tapi juga tentang cerita di sepanjang jalan,” tutup Anne.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.