Jakarta, BUMN TRACK – PT Biru Semesta Abadi, pemilik merek Depo Air Minum “Biru”, melakukan kerjasa dengan PT Pertamina Patra Niaga melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU).
Inisiatif ini merupakan langkah strategis dalam memperluas bisnis Non-Fuel Retail (NFR) di SPBU Pertamina.
Dengan menghadirkan gerai Depo Air Minum Biru di seluruh Indonesia, diharapkan dapat mempermudah akses pelanggan terhadap air minum berkualitas dan memberikan nilai tambah bagi pengusaha SPBU.
Sebagai pionir dalam industri waralaba depo air minum isi ulang selama lebih dari 23 tahun, PT Biru Semesta Abadi telah memiliki gerai yang tersebar luas di penjuru Indonesia.
Dengan model bisnis berbasis waralaba, Biru berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui peluang usaha bagi franchisee serta menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.
Hingga saat ini, lebih dari 770 gerai Biru telah beroperasi di berbagai wilayah untuk menyediakan akses air minum isi ulang yang sehat dengan harga terjangkau bagi masyarakat luas.
“Kami menghadirkan solusi air minum yang sehat sekaligus ekonomis, dan membawanya lebih dekat ke masyarakat,” kata Yantje Wongso, Direktur PT Biru Semesta Abadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (17/2/25).
Kerjasama tidak hanya memastikan ketersediaan air minum yang sehat sekaligus ekonomis, tetapi juga menghadirkannya di lokasi-lokasi strategis yang memudahkan pelanggan.
Kolaborasi ini membuka peluang usaha baru serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Secara sosial, kerjasama ini berkontribusi pada peningkatan kesadaran akan pentingnya akses air bersih yang lebih terjangkau dan berkelanjutan.
“Pertamina menghadirkan bahan bakar sebagai energi utama transportasi, dan BIRU menyediakan air minum berkualitas sebagai sumber hidrasi utama, bersama-sama menghadirkan dua elemen esensial dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.
Sebagai bagian dari visi perusahaan dalam menciptakan dampak ekonomi, PT Biru Semesta Abadi bekerjasama dengan Pertamina menargetkan akan membuka 50 gerai Depo Air Minum Biru di area SPBU Pertamina di berbagai lokasi strategis.
Kerjasama ini tidak hanya memperluas jaringan bisnis kedua perusahaan, tetapi juga menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat. Langkah ini selaras dengan strategi diversifikasi bisnis Pertamina yang bertujuan untuk meningkatkan layanan NFR di SPBU serta menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih lengkap dan berkualitas bagi pelanggan.
Berdasarkan kesepakatan dalam MoU, PT Biru Semesta Abadi akan mengelola hingga 50 gerai bisnis NFR di SPBU Pertamina yang tersebar di berbagai lokasi strategis selama tiga tahun sejak penandatanganan kontrak.
Kerjasama ini diharapkan dapat memperluas akses pelanggan SPBU Pertamina terhadap air minum isi ulang berkualitas, sekaligus memberikan nilai tambah bagi pengusaha SPBU dan mitra franchisee Biru.
“Bisnis Non-Fuel Retail berperan penting dalam meningkatkan pendapatan SPBU. Kerjasama ini merupakan peluang diversifikasi bisnis di SPBU Pertamina. Diversifikasi layanan menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan,” kata Kania Hapsari, Manager Non-Fuel Retail Business PT Pertamina Patra Niaga.
Kolaborasi ini juga membuka peluang bisnis baru bagi mitra SPBU, meningkatkan daya tarik lokasi sebagai pusat layanan terpadu, serta memperkuat peran SPBU sebagai bagian dari ekosistem yang mendukung kebutuhan masyarakat secara lebih luas.
Sinergi antara Pertamina dan Air Minum Biru untuk SPBU di seluruh Indonesia, bukan hanya sebagai inovasi bisnis, tetapi juga sebuah langkah nyata dalam menciptakan nilai ekonomi dan sosial yang lebih luas.
Sebagai merek air minum isi ulang terpercaya di Indonesia, Depo Air Minum Biru dikenal dengan standar kualitas tinggi serta inovasi teknologi yang digunakan. Mengusung teknologi 100% OZON dari Biru™, yang mengacu kepada standar industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), Biru menghadirkan air minum yang kaya oksigen dengan butiran oksigen yang terlihat dalam botol galon.
Selain itu, harga air minum Biru lebih terjangkau, yaitu sepertiga dari harga AMDK, sehingga menjadi pilihan ekonomis bagi masyarakat tanpa mengorbankan kualitas.
“Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memperluas akses masyarakat terhadap air minum berkualitas sekaligus menciptakan dampak ekonomi yang lebih luas. Kami yakin bahwa kerjasama ini akan memberikan manfaat yang besar bagi pengusaha SPBU, mitra franchisee, serta pelanggan,” tutup Yantje Wongso.