Page 59 - Edisi Febuari 2020
P. 59

pesat meskipun kepemilikan rekening
               bank stagnan. Bukti-bukti menunjukkan
               bahwa mereka yang tidak memiliki              Data wearesocial.sg  2017
               rekening bank terkait dengan
               ketimpangan pendapatan dan kelompok-        pengguna telepon seluler di
               kelompok rentan seperti anak muda,        Indonesia mencapai 371,4 juta
               berpendidikan rendah, pengangguran
               dan kaum miskin di pedesaan. ( Sarwat     juta orang atau 142 persen dari
               Jahan cs , IMF 2019  )
                  Kedua, tersedianya infrastruktur    total penduduk  sebanyak 262 juta
               digital yang memadai. Terobosan
               program branchless bank Bank          jiwa, lebih tinggi dari pada pemilik
               Indonesia mengintegrasikan platform
               telekomunikasi untuk mengatasi        rekening bank  sebanyak 60 persen
               infrastruktur perbankan yang terbatas
               dan berbiaya tinggi menjadi salah satu             dari total penduduk
               upaya meningkatkan inklusi keuangan.
                  Data wearesocial.sg  2017
               pengguna telepon seluler di Indonesia
               mencapai 371,4 juta  juta orang
               atau 142 persen dari total penduduk    melalui mobile banking oleh operator   asuransi dengan membayar premi.
               sebanyak 262 juta jiwa, lebih      selular sehingga kendala minimnya bank   Kolaborasi operator telpon dengan
               tinggi dari pada pemilik rekening   tidak mengurangi akses masyarakat ke   micro insurance  berlangsung sukses di
               bank  sebanyak 60 persen dari total   sektor keuangan.               Ghana, Zimbabwe, Tanzania, Uganda,
               penduduk. Survei Pew Reseach Center   Setelah sukses melakukan       Kenya,  Philipina. Hal yang tidak
               AS 2018,  kepemilikan smartphone   transformasi di sektor perbankan,   tersentuh oleh   perusahaan asuransi
               dan telepon seluler biasa di antara   Kenya melalui perusahaan micro   umumnya yang meyakini pasar di
               orang dewasa posisi Indonesia berada   insurance BIMA  dengan investasi   emerging market hanya di gerakkan oleh
               di urutan 24  dari 27 negara. Dari   sebesar 4,25 juta US dolar   dan   klas ber pendapatan tinggi.
               seluruh orang dewasa pemilik telepon   tambahan investasi 2,75 juta  dolar   Pendirian Jiwasraya Putra yang
               genggam  di Indonesia, 42 persen   berhasil menjaring sebanyak 4 juta   digagas Asuransi Jiwasraya memberikan
               memiliki smartphone 28 persen      orang masyarakat kelas bawah orang  di   akses bagi Jiwasraya Putra untuk
               handphone  biasa.                  Afrika dan Asia dengan pertumbuhan   memonetisasi customer base dan
                  Data Bank Dunia  menunjukkan    400 ribu orang per bulan.  Kolaborasi    jaringan distribusi dari empat BUMN
               sekitar  60 juta orang di Indonesia   terjadi antara sektor asuransi  dengan   mitra sebagai captive market untuk
               yang tidak memiliki rekening bank   sektor telekomunikasi . Asuransi   memasarkan produk Jiwasraya.
               menggunakan  handphone,  peluang   berhasil merubah   profil  pelanggan   Pegadaian, misalnya, dengan basis
               yang sangat besar untuk meningkatkan   selular yang sangat tidak loyal akibat    konsumen sekitar 10 juta, bisa menjadi
               transaksi keuangan  melalui telepon   persaingan  harga antar operator    pasar baru bagi produk Jiwasraya
               genggam. BI menggagas integrasi    menjadi  pelanggan  yang lebih loyal   ke depan. Begitu pula penumpang
               kedua sektor  itu untuk menggenjot   dengan  memberikan jaminan  asuransi.   kereta api yang diperkirakan lebih
               inklusi keuangan di seluruh lapisan    Di Ghana perusahaan asuransi   dari 1 juta orang setiap hari. Apalagi
               penduduk. Dengan branchless bank   bekerja sama dengan operator selular   basis pelanggan Telkomsel  diprediksi
               berbasis mobile banking dan internet   memberikan  santunan asuransi jiwa   melampaui 170 juta orang.
               banking, maka biaya pengembangan   gratis kepada pelanggan dan satu     Indonesia dengan 17,500 pulau dan
               infrastruktur  perbankan yang mahal   anggota keluarga. Asuransi dapat   luas wilayah 2 juta kilometer persegi
               dapat ditekan  dan jarak dapat teratasi.   diperoleh seterusnya bila tagihan   menghadapi masalah ketidakseimbangan
                  Sukses kolaborasi  sektor  perbankan   pemakaian pulsa  pelanggan mencapai   antar wilayah yang dapat diatasi dengan
               dengan telekomunikasi  tercatat di   jumlah minimum per bulan atau   digitalisasi untuk menjangkau mereka
               Kenya dengan 31 persen PDB berputar   dengan menambah besar santunan    yang belum memiliki rekening.


                                                                               No. 145 TAHUN XIII FEBRUARI 2020 |     BUMN Track     |     59



       KOLOM.indd   59                                                                                            2/17/20   9:34 PM
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64