Page 28 - BUMNTrack Edisi Desember 2019
P. 28

Memperkuat Bisnis,



              Membesarkan Perusahaan




              Romulo Hutapea

                      enjawab tantangan dengan membuat berbagai
                      terobosan. Itulah jalan yang ditempuh Direktur
                      Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga, Romulo
             MHutapea, dalam upaya mempertahankan dan
              mengembangkan bisnis perusahaan di bidang niaga (trading)
              Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk sektor industri dan marine.
                 Hingga saat ini, PT Pertamina Patra Niaga masih
              menempati posisi kedua setelah PT Pertamina (Persero)
              dalam market share untuk bisnis trading BBM di
              Indonesia. Namun di saat yang sama, PT Pertamina
              Patra Niaga menghadapi persaingan yang tidak mudah
              dan semakin kompetitif. Kondisi ini tidak lepas dari
              makin banyaknya pelaku usaha maupun perusahaan
              pemegang Izin Niaga Umum (INU) yang bergerak di
              sektor trading BBM.
                 Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, PT
              Pertamina Patra Niaga tidak bisa hanya mengandalkan
              strategi penjualan produk dengan harga murah. “Perlu ada
              strategi lain untuk bisa memenangkan pasar,” kata Romulo.
                 Menjalin hubungan baik dengan pelanggan menjadi salah
              satu strategi yang dijalankan PT Pertamina Patra Niaga untuk
              mempertahankan posisi dalam persaingan bisnis trading BBM.
              Menurut Romulo, kemampuan tim Sales & Marketing PT
              Pertamina Patra Niaga dalam memberikan layanan yang lebih
              dari sekadar menjual produk bisa menjadi nilai plus bagi
              perusahaan di mata pelanggan. Layanan tersebut diwujudkan
              melalui pemberian perhatian yang lebih besar kepada
              pelanggan dengan memahami apa yang menjadi kebutuhan
              pelanggan dan mendengarkan keluhan pelanggan.
                 Romulo mengungkapkan, pihaknya selalu mendorong tim
              Sales & Marketing untuk lebih engage dengan customer
              maupun mitra usaha. Engagement ini sangat penting karena
              sedikit saja PT Pertamina Patra Niaga memberikan layanan
              yang buruk, pelanggan bisa dengan mudah berpaling ke pihak
              lain. “Saya ingin, di benak pelanggan langsung terlintas citra
              perusahaan yang mampu memberikan layanan lebih begitu   aturan Good Corporate Governance (GCG),” kata Romulo.
              mendengar nama Pertamina Patra Niaga,” kata Romulo.   Keberhasilan PT Pertamina Patra Niaga dalam
                 Selain membangun hubungan baik dengan pelanggan,   mempertahankan bisnis hingga bisa tumbuh dan
              PT Pertamina Patra Niaga mulai memanfaatkan teknologi   berkembang, kata Romulo, tidak lepas dari dukungan
              terkini melalui implementasi digitalisasi dalam bentuk   sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan.
              aplikasi Sales Force. Aplikasi ini digunakan untuk   Penerapan disiplin dan budaya kerja menjadi faktor
              memudahkan dan mempercepat tim Sales & Marketing   fundamental dalam membangun mentalitas pekerja.
              dalam melayani kebutuhan BBM pelanggan.            “Kami terus berupaya meningkatkan kemampuan dan
                 “Penggunaan aplikasi Sales Force bisa memangkas   kompetensi seluruh pekerja PT Pertamina Patra Niaga
              rantai birokrasi dalam pemberian persetujuan penjualan   melalui berbagai pelatihan sehingga mereka mampu
              sehingga pelanggan bisa segera terlayani. Aplikasi ini juga   menghadapi persaingan bisnis dan memberikan kinerja
              membantu tim Sales & Marketing untuk lebih comply pada   unggul,” kata Romulo.








       Pertamina Patra Niaga.indd   28                                                                           12/11/19   7:23 PM
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33